Sabtu, 11 Agustus 2012

Modifikasi Template Blogspot agar SEO FRIENDLY

 
Modifikasi Template Blogspot agar SEO FRIENDLY. Akhir-akhir ini banyak sekali teman-teman kita yang mengikuti kontes SEO. Apalagi hadiah-hadiah yang didapat dari Kontes SEO ini lumayan gede. Segala macam cara dilakukan untuk menempati posisi pertama di Search Engine. Ada yang mengunakan platform Wordpress (CMS) dan ada juga yang memakai Blogspot sebagai engine blog untuk ikutan dalam Kontes SEO. Kali ini Tutorial  akan memberi sedikit trik yang perlu dilakukan blogger yang menggunakan platform Blogspot khususnya agar Template yang dipakai lebih SEO friendly untuk mendukung optimasi Blog di SERP.


1. Page Title
Yang pertama yang harus dilakukan sobat adalah memodifikasi sedikit pada script Page Title yang ada di script template Blogspot, biasanya format page title dari blogspot seperti ini : JUDUL BLOG : JUDUL POSTING, nah agar blog kita lebih disukai oleh google dan SEO friendly, kita harus merubah format page title standart itu menjadi seperti ini : JUDUL POSTING | JUDUL BLOG. Caranya cari kode berikut di EDIT HTML :

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Jika sudah dapat hapus dan ganti dengan kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Atau bisa ditambahkan beberapa kata kunci ( keyword ) seperti dibawah ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Kata kunci | Kata kunci </title>
</b:if>

Ganti kode "kata kunci" dengan keyword yang sobat inginkan. Setelah semua selesai jangan lupa save template.

2. Meta keyword dan deskripsi
Suatu mesin pencari seperti google sangat menyukai sebuah website / blog yang jelas tema dan isi content-nya. Jadi , sobat harus nambahin suatu tag yang namanya meta tag. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut ini sebelum kode <b:skin><![CDATA[/*

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog Anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci, kata kunci, kata kunci, kata kunci, kata kunci" />
</b:if>

Save lagi.

3. Memasang Breadcrumbs.
Breadcrumbs adalah menu navigasi yang ada diatas sebuah posting atau artikel. Cara pasangnya juga sudah dibahas di blog Tutorial Revobusinesse2  ini. Silahkan ke sini "Cara Pasang Breadcrumbs di Blogspot".

4. Memasang Related Post.
Related post sangat bagus untuk SEO maupun buat pengunjung. Jadi pasang related post di blog sobat. Caranya sudah saya posting disini silakan klik link ini, “ cara membuat related post di blogger”.

5. Mematikan setting archive ( arsip )
Google sangat membenci dengan yang namanya duplicate content. Jadi ketika kita mengaktifkan opsi arsip, misalnya kejadiannya seperti ini :
sobat membuat sebuah blog di blogger.com. lalu membuat 3 posting, 1 buah setiap hari. Maka di halaman utama atau homepage sobat akan ada 3 posting dan sebuah link arsip seperti ini, http://BLOGSOBAT.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, pada halaman arsip tersebut akan memunculkan 3 posting yang sama dengan yang di munculkan oleh homepage.
Intinya, 2 buah link yang menuju 2 halaman yang berbeda tapi memiliki isi konten yang sama. Bagi search engine apa lagi google ini adalah masalah serius. Oleh karena itu kita sebaiknya me-non-aktifkan opsi arsip, caranya : setelah login klik tab setting >> Archiving >> pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive. >> selesai simpan setting.

Atau jika tidak ingin menonaktifkan fungsi arsip, silahkan letakkan kode berikut dibawah kode <head> :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

6. Menambahkan kode ‘rel=canonical’
Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para master of SEO bilang bahwa google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content ( *jadi buat yang kerjanya Cuma bisa copas hati-hati nih sebelum didepak dari gugel..xixixi*). Cara nya di edit html tambahkan kode berikut setelah kode <head>

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Save template dan selesai

7. Tag Heading
Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting sobat dengan tag H1. Caranya cari kode berikut :

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>
Kode yang dicetak tebal(warna biru) dihapus dan ubah dari h3(atau pada beberapa template menggunakan h2) menjadi h1. Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }


Sumber:
http://tutorial.bertuah.org/2011/11/modifikasi-template-blogspot-agar-seo.html

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts