Sabtu, 11 Agustus 2012

Cara Pasang BreadCrumb Blogspot

Tutorial Bertuah ~ Cara pasang Navigasi Breadcrumb di blogspot supaya lebih SEO Friendly. Sebelumnya mari kita kenal lebih dahulu apa itu BreadCrumb? Kalau diartikan satu artinya bisa saja "remah roti" tapi bukan itu yang dimaksud, Breadcrumb disini adalah sebuah bantuan navigasi yang digunakan dalam user interface sehingga memudahkan user untuk menavigasi halaman web/blog. Istilah ini berasal dari jejak remah roti yang ditinggalkan oleh Hansel dan Gretel di dalam sebuah dongeng populer.



Selain mempermudah user dalam menavigasi web/blog kita selain itu juga di senangi robot Google yang mengcrawl halaman weblog. Maka erat kaitannya dengan SEO, terutama SEO onpage. Sebaiknya kita memasang kode Breadcrumb sedini mungkin supaya cepat di indeks Google, hasilnya tampilan url posting blog kita akan lebih rapi dan cantik di tampilkan di SERP Google, sebagai contoh silahkan lihat tampilan SERP artikel NanLimo tentang SEO Contest Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World di bawah ini:
Cara Pasang Breadcrumb Blogspot
Dari gambar diatas terlihat pada bagian yang dilingkari warna merah itulah hasil indeks Google dari Navigasi Breadcrumb yang kita buat, biasanya pada bagian yang dilingkari itu adalah URL postigan kita namun setelah menggunakan Navigasi Breadcrumb tampilannya lebih rapi dan cantik serta memudahkan user/pengunjung untuk melihat kategori artikel tersebut yang terlihat pada lingkaran yang berwarna biru.

Lalu bagaimana cara membuat Navigasi Breadcrumb tersebut? Sebenarnya telah banyak yang membuat tutorial cara membuat navigasi breadcrumb, baik di wordpress maupun di blogspot. Kali ini tutorial cara pasang breadcrumb di blogspot agak berbeda dari yang sudah-sudah, ada sedikit sentuhan dari Blogger Bertuah, salah satunya Bang Ais, founder www.duosmith.com--Duo Smith Elios. Berikut ini adalah cara membuat breadcrumb di blogger.com/blogspot.com
1. Login ke blogger degan ID anda.
2. Klik Tata Letak / layout
3. Kemudian klik tab Edit HTML
4. Click Download Full Template and please back up your template first. Untuk menghindari bila sewaktu-waktu ada kesalahan.
5. Beri tanda centang pada kotak kecil di samping tulisan Expand Template Widget.

6. Cari kode ]]></b:skin>
7. Copy lalu paste kode di bawah ini persis di atas kode ]]></b:skin>

.breadcrumbs {
padding:5px 5px 5px 0;
margin:0;font-size:95%;
line-height:1.4em;
border-bottom:4px double #e2e7b4;
}
.breadcrumbs a {
text-decoration:none;
color: #000000;
}
8. Silahkan cari kode berikut pada template anda :
<div class='post hentry'>

9. Copy lalu paste kode di bawah ini persis di bawah kode <div class='post hentry'>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <div class='breadcrumbs'><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Ganti Dengan Kata Kunci Utama Blog</a> &#187; <b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'> <a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a> <b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> , </b:if> </b:loop> </b:if> &#187; <data:post.title/> </div> </b:if> </b:if>
Simpan/save dan silahkan lihat hasilnya secara langsung di atas judul postingan "Cara Pasang Breadcrumb Blogspot" ini dan bisa juga di lihat pada bagian halaman posting blog kita masing-masing, maka hasilnya mirip dengan dengan gambar di bawah ini:
Contoh Navigasi Breadcrumb
Style template seperti ini akan menambah seo friendly sebuah template dan semoga akan semakin meningkatkan serp anda dalam search engine. Semoga berhasil.....

Sumber:  http://tutorial.bertuah.org/2011/02/cara-pasang-breadcrumb-blogspot.html

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts